4 Cara Mudah Mengunci (Lock) Sinyal 4G LTE Only

Empat Cara Mudah Bagaimana Cara Mengunci (Lock) Sinyal atau Jaringan 4G LTE Only di HP Android - Sekarang ini, hampir semua provider atau penyedia jasa komunikasi telepon seluler khususnya di Indonesia sudah meluncurkan Jaringan internet berbasis 4G LTE beberapa waktu yang lalu. Jaringan ini mampu menghasilkan kecepatan 100Mb per detik hingga 1Gb per detik.

Namun di beberapa tempat, sinyal internet berbasis 4G LTE ini masih kurang stabil atau sering beralih dari 3G/3,5G (H+) ke 4G atau sebaliknya. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya posisi tower berada jauh, berada di dalam ruangan tertutup sehingga ponsel kurang mendapatkan sinyal, minimnya sinyal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station) atau disebabkan oleh faktor-faktor lain. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja mengganggu aktivitas kita saat berselancar di dunia internet dan kita tidak bisa menikmati kecapatan akses internet melalui jaringan 4G.

Untuk mengatasinya, ada 4 cara yang bisa kita lakukan diantaranya melakukan pengaturan melalui menu setelan, menggunakan bantuan aplikasi (rooted only) atau memasukkan kode tertentu melalui dial pad (papan panggilan) telepon.

1. Cara Lock Sinyal 4G LTE Android Tanpa Aplikasi

Untuk mengunci (lock) sinyal LTE, ada bebera cara yang bisa kalian lakukan. Diantaranya adalah tanpa atau dengan menggunakan bantuan aplikasi. Untuk melakukan kedua hal tersebut, silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

1.1. Mengunci Sinyal 4G Melalui Menu Setelan
Untuk melakukannya, silahkan buka menu "Settings/Pengaturan/Setelan" yang ada pada ponsel anda. Selanjutnya cari "Jaringan Seluler". Pilih "Mode Jaringan" kemudian pilih "Hanya 4G".

Cara ini tergolong sangat mudah dilakukan, namun beberapa orang pengguna ponsel pintar masih belum mengetahui hal ini.

1.2. Kunci Sinyal 4G Melalui Dial Pad
Untuk metode yang kedua ini, cukup buka aplikasi "Telepon" kemudian lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Ketik kode ini *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad pada ponsel anda.
  2. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian"
  3. Selanjutnya pilih "Informasi Perangkat"
  4. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only"
  5. Kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.
Jika cara tersebut di atas tidak berhasil (menu pengujian tidak muncul), maka saya sarankan untuk mencoba cara ketiga dan keempat.

2. Cara Kunci Sinyal 4G LTE Android dengan Aplikasi

Dua cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa dengan mudah anda temukan di Google Play Store, salah satu aplikasi tersebut TIDAK membutuhkan akses ROOT dan yang satunya lagi membutuhkan akses ROOT android. Silahkan anda coba salah satu atau bahkan keduanya.

2.1. Lock Jaringan 4G LTE Menggunakan Aplikasi
Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk me-lock signal 4G adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Aplikasi ini pada dasarnya hanya berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses menu "Device Info" serta tidak memerlukan akses ROOT.
  1. Download aplikasi 4G LTE Switch.
  2. Install dan jalankan aplikasinya. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Device Info".
  3. Gulir ke bawah dan cari "Set Preferred Network Type".
  4. Klik pada icon segitiga yang ada dibawah tulisan tersebut, lalu pilih "LTE Only".
  5. Selesai.

2.2. Cara Lock Signal 4G LTE dengan Aplikasi (Rooted Only)
Cara yang terakhir ini memerlukan akses "Root" karena aplikasi tambahan yang akan digunakan membutuhkan perangkat yang sudah "Rooted" dan apabila ponsel belum dan anda ingin me-rootnya, silahkan baca tutorial Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT.
  1. Download aplikasi Advanced Signal Status, install dan kemudian jalankan.
  2. Setelah aplikasinya terbuka, scroll ke bawah, cari dan temukan "Additional Info", lalu tap atau buka. Secara otomatis anda akan diarahkan pada menu "Pengujian".
  3. Pada tahap ini, silahkan pilih "Informasi Perangkat. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only""
  4. Tekan kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat. Pergantian ke jaringan 4G, secara otomatis akan dilakukan.
Cara 2.1 dan 2.2 di atas juga bisa di aplikasikan terhadap semua jenis ponsel android. Namun khusus untuk cara 2.2, smartphone kalian harus sudah dalam kondisi rooted. Jika anda pengguna HP Xiaomi, Silahkan baca tutorialnya di Cara Mengunci Sinyal (Lock Jaringan) 4G LTE Only HP Xiaomi
Secara keseluruhan, penerapan untuk mengunci jaringan 4G yang ada di atas, bisa digunakan untuk ponsel android seperti Samsung, Asus, Lenovo, Vivo, Oppo, Sony, Coolpad, Evercoss, Xiaomi, Mito, Nokia, Axioo, Lenovo, Huawei, LG, Google, HTC, Evercoss, dan lain sebagainya.

Demikian tutorial tentang Bagaimana Cara Mudah Mengunci / Melock Jaringan / Sinyal 4G LTE Only di HP Android pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat buat anda. Oh ya jika ada pertanyaan seputar hal tersebut di atas, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih dan salam.
Sumber https://www.androlite.com/

0 Response to "4 Cara Mudah Mengunci (Lock) Sinyal 4G LTE Only"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel